Teman-teman saya banyak yang berkata kalau anda mau berkecimpung di dunia IT kenapa tidak masuk teknik informatika saja. Kenapa harus Sistem Informasi ?

Dosen saya pernah berkata kepada saya bahwa Sistem Informasi adalah jembatan antara dunia IT dengan dunia bisnis, menurut saya kenapa hanya harus bisa mengerjakan satu sedangkan anda dapat melakukannya sekaligus dua?

Dulu Sebelum adanya zaman seperti ini manusia hanya bisa bertahan diri,berpindah tempat,bercocok tanam hingga akhirnya mereka memutuskan diri untuk menetap karena lelah dan pada akhirnya mereka bisa menetap dan membuat populasi ditempat ia tinggal hingga zaman mulai berkembang. Hingga pada pertengahan abad ke-19 Amerika Serikat menciptakan internet  yang pada awalnya agar semua pangkalan militer di AS terhubung hingga sekarang mampu meringankan atau membuat efisien manusia dalam menerima mengakses informasi, internet dapat diakses melalui device apapun hingga sekarang ditemukannya sistem informasi untuk memudahkan manusia mengolah data menjadi informasi yang dapat digunakan.

Sistem Informasi (SI) adalah gabungan dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk menunjang bisnis dan operasional. Dalam garis besar Sistem Informasi adalah sistem yang terdiri antara orang-orang dan komputer yang memproses dan menafsirkan data

Didalam Sistem Informasi kita juga diajarkan bagaimana cara memahami perilaku user hingga cara mengambil suatu keputusan dalam sebuah bisnis. Dalam Sistem Informasi juga kita juga diajarkan bagaimana cara mengolah data menjadi informasi yang akurat, relevan dan uptodate. Jadi, menurut saya Sistem Informasi adalah salah satu prodi yang tepat bagi anda yang tidak terlalu ingin expert dalam bidang IT namun juga mengerti cara dalam berbisnis.

Komponen dalam Sistem Informasi dapat dilihat dalam gambar dibawahuntitled1

  • Perangkat keras (hardware): Mencangkup perangkat fisik seperti komputer, printer dll
  • Perangkat lunak (software) Program yang mengatur, memproses dan menganalisis data
  • Prosedur: Menggambarkan bagaimana data di proses dan dianalisis untuk mendapakan jawaban
  • Orang: Pihak yang bertanggung jawab dalam pengerjaan sistem informasi
  • Basis data (database):  Sistem Informasi bekerja dengan data yang diproses menjadi tabel atau file
  • Jaringan komputer dan komunikasi data: elemen yang terhubung antara satu sama lain terutama jika banyak organisasi menggunakan sistem informasi yang sama

Lalu apa bedanya Sistem Informasi dengan Teknik Informatika?

Perbedaan Sistem Informasi dengan Teknik Informatika sekilas mungkin ini terlihat sama namun ini jelas berbeda. Ibaratnya sistem informasi adalah penjual lalu teknik infromatika adalah petani karena sistem informasi yang menerjemahkan apa kemauan klien dan teknik informatika yang membuat software untuk klien.

Hubungan Bisnis dengan IT

Semakin majunya peradaban dunia dan pada saat itu lah manusia harus dipaksa berfikir kreatif. salah satunya adalah memadukan bisnis dengan IT karena dengan memadukan kedua bidang tersebut manusia dapat melakukan banyak hal dengan efisien seperti meminimalisir kesalahan, mengatur data dengan baik dan masih banyak kegunaan IT dalam bisnis

Peluang kerja untuk jurusan sistem informasi juga termasuk luas anda dapat berkecimpung di dunia kerja dalam bidang IT ataupun bisnis/menejemen seperti:

  1. System Analyst
  2. IT Manager
  3. Database Administrator
  4. Web Developer/Programmer
  5. IT Consultant

Contoh perusahaan yang berkerja di bidang IT yang menggunakan sistem informasi

Grab tokopedia-logo JYKA6JNq

Di Telkom University kita juga menggunakan Sistem Informasi agar mahasiswa dan dosen dapat terhubung dengan kampusnya.

iGracias2

Ya mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan dan Terima Kasih.

Sumber:

Wikipedia

Google Picture

Kampus Center

Study.com